Orang Tua Juga Masih Berproses Sehingga Tidak Lepas Dari Berbuat Kesalahan

Orang Tua Juga Masih Berproses Sehingga Tidak Lepas Dari Berbuat Kesalahan

Kadang manusia sering keliru, merasa semua orang tua adalah benar. Dan semua yang dikatakan oleh orang tua adalah benar, sudah valid, sehingga apa pun yang dikatakan orang tua pasti benar. Karena jam terbang mereka lebih tinggi, dan sudah memiliki pengalaman yang banyak sekali. Dan bukan hanya orang lain yang menilai seperti itu, tapi orang tua pun merasa begitu. Sehingga secara tidak langsung orang tua sering memaksakan untuk anaknya atau orang yang lebih muda dari dirinya harus mengikuti arahannya, nasihatnya, atau perintahnya. Dan jika tidak diikuti maka dia akan marah. 

Orang Tua Juga Masih Berproses Sehingga Tidak Lepas Dari Berbuat Kesalahan

Ini yang perlu kita pelajari dan pahami. Walaupun orang tua memiliki pengalaman lebih banyak, memiliki pengalaman yang lebih banyak bukan berarti di usianya itu, dia tidak akan melakukan kesalahan. Mereka tidak lepas dari kesalahan. Ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang terutama orang tua sendiri. Mereka merasa mereka mengetahui banyak hal. Dan mereka sudah ahli dalam menentukan mana yang benar dan tidak. Sehingga mereka kadang secara tidak sadar sering memaksakan orang lain terutama yang lebih muda harus mengikuti arahannya. 

Dan ini yang sering membuat beberapa pihak merasa tidak adil. Merasa tidak puas, dan merasa marah karena kadang orang tua merasa mereka selalu benar sehingga saat kita tidak mengikuti arahannya, mereka akan marah. Dan mengatakan semua ini dilakukan karena untuk kebaikan kita. Padahal tidak selamanya apa yang menurutnya, menurut mereka baik, itu baik juga bagi kita. Dan semua orang sadar akan itu. Tapi tetap saja dilakukan. 

Sehingga mau sebijaksana apapun orang tua, sebaik apapun niat baik dari orang tua, tidak dapat menjamin bahwa itu akan baik juga untuk anaknya. Itu akan baik juga bagi orang lain dan orang sekitar. Itu yang harus kita tekankan. Dan orang tua pun tetap tidak lepas dari kesalahan tidak lepas dari masalah, semua orang tetap berproses kok. Jadi jangan takut untuk salah jangan malu untuk mengakui salah, mau anda muda atau tua, itu adalah hal yang wajar.