Cara Mengolah Lobster Bagi Yang Ingin Memasak Dirumah


Meski masih harus merogoh kocek lebih dalam untuk membelinya, lobster bukan lagi barang asing di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, budidaya lobster di negara ini semakin meningkat, yang lebih lengkap lagi jika mengingat Indonesia adalah negara maritim. Alhasil, semakin banyak restoran dan masyarakat yang mengolah sendiri lobsternya. Tapi bagaimana Anda memasak lobster? Nah, itulah yang akan kita bicarakan hari ini!

Namanya Crustacea, hewan jenis ini didesain memiliki cangkang yang agak tebal dan cakar yang besar. Kami mengenal mereka sejak awal. Tapi bagaimana dengan lobster? Solusinya sedikit berbeda, tetapi bagaimanapun Anda memasak atau membumbuinya, masih bisa sebelas atau dua belas.

Yuk kita simak bersama, yuk simak apa saja yang harus dicari saat memasak lobster!

Tahu Kesegarannya

Tidak seperti ayam atau ikan, keputusan untuk memasak lobster berarti kami merencanakan sesuatu yang istimewa. Oleh karena itu, kesegaran dan kualitas lobster menjadi prioritas utama. Usahakan mendapatkan lobster hidup terlebih dahulu. Hal ini terlihat dari kuatnya gerakan kaki, cakar dan ekor. Lobster dapat hidup selama beberapa hari setelah keluar dari air, tetapi kita harus merawatnya dengan baik. Lobster yang mulai bergerak lemah menandakan bahwa kita harus segera memasaknya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa lobster mati harus dihindari karena kualitas dagingnya telah menurun secara signifikan. Atau kita juga bisa memilih lobster beku.

Cara Memotong Lobster

Jangan kaget dengan judulnya ya, tapi ini tahapan yang sangat krusial. Sebelum kita masuk ke tahap memasak lobster, setidaknya ada dua cara umum yang bisa kita lakukan untuk membunuh lobster. Dalam kedua metode, lobster dibekukan selama 20-30 menit tambahan. Tujuannya untuk melumpuhkan indera dan “membantai” lobster agar lebih manusiawi dan mudah.

Cara pertama adalah merebusnya dalam panci besar berisi air mendidih. Perlahan tapi pasti letakkan kepala Anda terlebih dahulu. Simpan tutupnya di toples dan tunggu sampai selesai. Cara kedua yaitu dengan menusuk di kepala lalu membelahnya.

Wow, itu cukup menakutkan untuk didengar, tetapi cara klasiknya sama. Hanya saja pilihan ini tidak disarankan karena hemolimf atau darah lobster dapat mencemari proses memasak sehingga daging tidak terasa enak sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *