Cara Yang Tepat Untuk Menghindari Kulit Jadi Kering


Kulit kering merupakan masalah kulit yang bisa sangat mengganggu. Kulit kering adalah suatu kondisi dimana lapisan atas kulit (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Ada beberapa penyebab kulit kering. Oleh karena itu, cara mengatasi hal ini sangat penting sebagai langkah perawatan.

Penyebab Kulit Kering yang Perlu Anda Ketahui

Kulit kering biasanya menyebabkan permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, bersisik, dan iritasi. Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena kelenjar sebaceous lambat dalam memproduksi minyak alami kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

Udara kering, panas atau dingin

Salah satu penyebab kulit kering adalah saat udara kering, hangat atau dingin. Pada kondisi ini, suhu dan kelembaban udara akan menurun. Akibatnya, kulit kering menjadi tak terhindarkan.

Mandi lama dengan air hangat

Mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering jika dilakukan terlalu lama. Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan air panas terlalu lama.

Penggunaan sabun

Sabun mandi, pembersih wajah, produk perawatan kulit dan deterjen mengandung bahan kimia keras yang dapat mengeringkan kulit. Pada umumnya bahan kimia tersebut mampu menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga mengurangi kadar air pada kulit.

Mengelupas kulit

Menggosok terlalu keras, terutama dengan bahan abrasif tertentu, dapat menyebabkan kulit kering. Gesekan antara scrubber dan kulit dapat merusak penghalang kelembaban pada permukaan kulit, membuat kulit terasa kering.

Cara Yang Tepat Mengatasi Kulit Kering

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menjaganya agar tetap lembap. Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Anda lakukan antara lain:

Hindari mandi air panas

Dengan tidak mandi air panas, ini bisa membantu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mandi air panas bisa membuat kulit Anda semakin kering.

Jangan mandi terlalu lama

Saat cuaca dingin, mandi atau berendam di air hangat tentu menjadi pilihan yang menggiurkan. Namun jika dilakukan terlalu lama dan sering, aktivitas tersebut justru bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Hal ini karena air di permukaan tubuh akan banyak menguap. Jadi jaga waktu mandi Anda sekitar 5-10 menit dengan air hangat.

Gunakan sabun pelembab saat mandi

Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan sabun mandi yang dapat membantu melembapkan kulit. Sabun ini mampu menutrisi kulit dari luar sehingga terasa lebih lembab, halus dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *