Tipe – Tipe Pemanasan Sebelum Berlari Yang Wajib Dilakukan


Berlari adalah salah satu bentuk latihan kardio yang paling menyenangkan. Selain itu, aktivitas fisik ini bisa dilakukan bersama teman atau keluarga, tanpa mengurangi konsentrasi, sekaligus membakar lemak. Tapi ingat, pemanasan sebelum lari untuk memaksimalkan cardio. Pemanasan sebelum berlari dapat mencegah risiko cedera yang dapat terjadi saat berlari.

Gerakan Pemanasan Sebelum Lari

Perlu diingat bahwa pemanasan sebelum berlari dapat meregangkan otot-otot di tubuh Anda dan membuatnya tetap fleksibel. Ini membuat otot dan persendian tetap bergerak. Berikut adalah beberapa latihan pemanasan untuk berlari yang dapat membantu meregangkan otot Anda.

  • Berjalan

Berjalan dapat membantu mempersiapkan otot kaki Anda untuk lari jarak jauh. Untuk mencegah kaki Anda gemetar, pemanasan cepat saat berlari bisa menjadi pemanasan yang baik. Anda dapat melakukan pemanasan selama 10 menit sebelum berlari untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

  • Melenturkan paha depan

Paha depan, atau quadriceps, ini juga sangat penting saat pemanasan. Untuk pemanasan paha depan, cukup berdiri tegak dan angkat betis dan kaki Anda ke belakang. Lakukan pemanasan ini, dimulai dengan kaki kanan lalu bergerak ke kiri.

Tahan gerakan ini setidaknya selama 30 detik, lalu beralih ke kaki lainnya. Pemanasan pra-lari ini adalah suatu keharusan, terutama jika Anda berlari di medan yang kasar.

  • Regangkan paha belakang Anda

Paha belakang, atau hamstring, juga merupakan otot yang penting untuk Anda regangkan sebelum berlari. Gerakan ini sangat mudah dimana Anda duduk saja dan meluruskan kaki.

Kemudian coba sentuh bagian atas kaki Anda dengan tangan dan condongkan tubuh ke depan. Tahan gerakan ini hingga 30 detik sebelum akhirnya berpindah ke sisi kaki yang lain.

  • Regangkan otot betis

Otot betis di bagian belakang kaki bagian bawah adalah poin penting yang harus diperhatikan sebelum berlari. Peregangan betis yang buruk dan ceroboh dapat menyebabkan cedera dan nyeri saat berlari.

Ambil posisi berdiri untuk pemanasan ini. Tekuk kaki kanan ke depan dan jaga agar kaki kiri tetap lurus. Setelah Anda melakukan gerakan ini, luruskan punggung Anda dan tahan selama 30 detik. Lakukan hal yang sama dengan kaki kiri.

Manfaat pemanasan sebelum lari

Pemanasan sebelum berlari dipercaya dapat meningkatkan suhu otot agar kelenturan tetap terjaga saat Anda berlari nanti. Selain itu, pemanasan sebelum lari dapat meningkatkan detak jantung Anda secara perlahan. Alhasil, tingkat stres pada jantung bisa berkurang saat Anda mulai berlari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *