Penyakit Terminal Yang Tergolong Berbahaya


Penyakit terminal adalah kondisi penyakit yang membuat hidup jadi terbatas. Penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini juga erat kaitannya dengan kematian seseorang. Ketika Anda pertama kali mendengar diagnosis penyakit terminal, seseorang mungkin menjadi mati rasa. Tapi setelah itu, emosi perlu divalidasi. Adalah normal bagi seseorang untuk merasa terkejut, marah, takut dan menyangkal ketika mereka mendengar vonis penyakit terminal. Apa pun yang Anda rasakan, Anda tidak harus melaluinya sendirian.

Contoh penyakit terminal

Faktanya, tidak ada contoh spesifik penyakit terminal. Individu yang didiagnosis dengan penyakit terminal mungkin hanya memiliki satu penyakit atau lebih dari satu penyakit. Beberapa contoh penyakit yang dapat menjadi terminal adalah:

Kanker

Kanker yang tidak dapat disembuhkan dalam waktu bersamaan tanpa perbaikan, bahkan setelah menjalani pengobatan. Sangat mungkin kanker ini menyebabkan seseorang meninggal. Kanker apa pun bisa menjadi penyakit terminal.

Ketika seseorang menderita kanker stadium akhir, fokus proses pemulihan adalah menghilangkan gejala. Selain itu, juga memastikan bahwa pasien memiliki kualitas hidup yang baik, yaitu perawatan paliatif.

Alzheimer

Karena penyakit Alzheimer adalah penyakit terminal, mereka yang berada di stadium tujuh biasanya hampir mati. Biasanya pasien kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi. Mustahil untuk bereaksi terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

Penyakit Neuron Motorik

Jenis penyakit neuron motorik yang paling umum adalah penyakit ALS atau Lou Gehrig. Dampaknya adalah pada saraf motorik di otak dan sumsum tulang belakang. Ini juga mempengaruhi otot-otot di tangan, kaki, mulut dan saluran pernapasan.

Penyakit Paru-paru

Paling sering, fibrosis paru atau fibrosis paru adalah contoh penyakit terminal. Penyakit ini semakin parah seiring berjalannya waktu. Tidak ada obat untuk kondisi ini dan sering menyebabkan kematian. Bentuk lain dari penyakit paru-paru juga dapat mencakup penyakit terminal, terutama jika pasien sudah mengalami kesulitan bernapas.

Penyakit Neurologis

Jenis penyakit saraf yang termasuk penyakit terminal termasuk penyakit Parkinson, multiple sclerosis, penyakit Huntington, dan jenis lain yang membatasi hidup seseorang. Memang penyakit saraf jenis ini tidak serta merta menyebabkan kematian seseorang. Namun, kondisi tersebut dapat memburuk

Perawatan mana yang efektif?

Pasien yang didiagnosis dengan penyakit terminal menerima perawatan yang bertujuan untuk mengurangi gejala. Tujuannya agar pasien merasa didukung dan dapat menjalani kehidupan yang baik. Artinya, fokusnya bukan lagi pada penyembuhan penyakit.

Meskipun pada awalnya mungkin sulit untuk menerima bahwa Anda memiliki penyakit terminal, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Mulai dari memaafkan diri sendiri, menetapkan prioritas, berbicara terbuka tentang kematian, hingga menyiapkan urusan administrasi seputar kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *