Mengenal Kepribadian Melankolis Beserta Cirinya


Kepribadian ini merupakan salah satu dari empat ciri kepribadian dasar yang dimiliki orang, selain optimis, mudah marah, dan apatis. Orang dengan kepribadian ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, mungkin dalam bentuk teman, keluarga atau bahkan pasangan. Memahami kepribadian ini akan membantu Anda bergaul, bersosialisasi, dan menanggapi tindakan mereka.

Ciri-ciri orang kepribadian melankolis

Berikut adalah ciri dari orang dengan kepribadian ini:

Pemikir

Seorang melankolis adalah pemikir sejati yang mencoba menganalisis tindakan yang akan mereka ambil dan masalah yang akan mereka hadapi. Mereka juga cenderung bertindak hati-hati, teliti dan tidak tergesa-gesa. Orang dengan kepribadian ini juga cenderung overthinking dan sensitif.

Kurang percaya diri

Salah satu kelemahan dari kepribadian ini adalah kurangnya rasa percaya diri. Di lingkungan sosial, mereka juga sering pendiam dan dikenal sebagai orang yang pemalu.

Hati-hati

Orang melankolis ini bukanlah individu yang luar biasa. Bukan hanya karena kurang percaya diri, seorang melankolis juga sangat berhati-hati saat menentukan pilihan dan mengungkapkan ide saat ide sangat dibutuhkan.

Perfeksionis

Namun, seorang melankolis biasanya perfeksionis dan sangat efisien dalam melakukan apa yang disukainya. Mereka adalah orang-orang yang setia pada pekerjaannya dan sangat berorientasi pada tujuan sehingga sebagian besar hal yang mereka lakukan selalu optimal.

Kreatif

Melankolis, secara umum, juga diberkahi dengan kreativitas. Mereka dapat berpikir di luar kotak dan kreativitas ini ada di setiap bidang kehidupan mereka. Mereka juga sering inovatif dalam menghadapi masalah yang kompleks. Tak heran, banyak dari mereka yang bisa menghasilkan karya-karya hebat di bidang pekerjaannya masing-masing.

Sulit membangun relasi

Melankolis bukanlah pembangun hubungan yang hebat. Dia lebih suka menghabiskan waktu dengan teman dekat yang dia percayai daripada bertemu orang baru. Sebaliknya, mereka akan berfungsi paling baik dalam lingkungan di mana setiap orang memiliki tanggung jawab mereka sendiri dan berkontribusi pada tujuan bersama.

Nyaman dengan rutinitas

Melankolis umumnya adalah orang yang terbiasa dengan rutinitas dan kebiasaan yang membuat mereka merasa aman. Kebanyakan dari mereka tidak bisa membayangkan hidup dengan cara lain.

Tenang

Selain itu, orang melankolis sering kali menunjukkan diri sebagai orang yang tenang. Mereka bahkan bisa bersikap tenang dalam situasi yang umumnya membuat orang lain marah atau senang. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang cinta damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *