Mengenal Istilah Kedokteran Dari Obat Bersih


Sebagai upaya menjalani gaya hidup sehat, pola hidup yang menyatu dengan alam harus menjadi favorit banyak orang. Setelah tren makan bersih dan kecantikan bersih dimulai, kini giliran kedokteran memasuki era pengobatan bersih. Apa yang dimaksud dengan obat bersih ini, yang berbeda dengan jamu dan obat tradisional?

Apa itu obat bersih?

Obat bersih adalah obat yang mengandung zat aktif dan bahan tambahan minimal. Jenis obat ini berbeda dengan obat tradisional. Hal ini dikarenakan obat-obatan alami pada umumnya dibuat dari bahan-bahan murni yang diperoleh dari alam tanpa bahan-bahan yang berasal dari proses buatan (sintetis). Sementara itu, obat yang bersih dapat mengandung semua bahan yang diproduksi oleh laboratorium.

Obat bersih dipopulerkan oleh perusahaan farmasi baru AS bernama Ganexa, sebagai produsen obat “bersih” pertama.┬áPrinsip obat bersih adalah menyediakan obat yang bersih dari bahan tambahan yang tidak dibutuhkan tubuh. Pasalnya, berdasarkan fakta di lapangan, hampir semua obat bebas saat ini mengandung berbagai jenis zat aditif.

Melalui konsep tersebut, Ganexa telah memasarkan berbagai jenis obat bebas, seperti obat untuk pengobatan nyeri, batuk, pilek, maag, alergi untuk gangguan tidur dan stres, yang terbuat dari bahan baku obat pilihan. Obat ini masih mengandung zat aktif seperti obat biasa, namun formulanya tidak begitu mengandung banyak tambahan.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan obat

Dalam jumlah kecil, aditif dalam obat hampir tidak mempengaruhi kebanyakan orang. Namun, jenis aditif tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek samping lain pada beberapa individu.

Sebuah studi tentang efek bahan tidak aktif pada pengguna mengkonfirmasi fakta ini. Studi tersebut menemukan bahwa sebagian besar obat mengandung bahan yang telah terbukti mengiritasi atau menyebabkan alergi (alergen).

Misalnya, zat aditif seperti laktosa maupun gluten sering menjadi penyebab pada pasien yang memiliki alergi makanan serta kondisi kronis layaknya penyakit celiac. Kelompok orang ini harus diberikan pertimbangan khusus ketika membeli obat-obatan yang mengandung bahan-bahan ini.

Itu sebabnya ada obat yang bersih. Dari konsep ini diharapkan bahan-bahan yang dapat membahayakan tubuh dapat dihilangkan.