Lari Zig Zag Yang Banyak Manfaatnya Untuk Tubuh


Lari zigzag adalah olahraga yang ditujukan untuk melatih kelincahan. Latihan ini wajib dengan gerakan cepat yang dapat meningkatkan kinerja jantung serta pembuluh darah serta melatih otot-otot pada kaki. Latihan lari zigzag sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa atletik dalam olahraga yang membutuhkan kelincahan dan kekuatan kaki, seperti sepak bola atau basket. Untuk melakukan lari zigzag dibutuhkan alat yang dapat digunakan sebagai penanda jejak.

Definisi lari zigzag

Lari zigzag adalah

berlari melewati atau melewati rintangan yang disusun dalam garis diagonal untuk melatih kemampuan tubuh mengubah arah dengan cepat dan akurat. Berbeda dengan shuttle track yang memiliki lintasan lurus, lintasan zigzag memiliki jalur berliku diagonal dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Jalan zigzag terutama dilakukan untuk melatih kelincahan, yaitu kemampuan mengubah posisi dan arah secepat mungkin tanpa kehilangan keseimbangan. Latihan lari ini dinilai lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam sepak bola dibandingkan dengan lari bolak-balik. Manfaat lari zigzag. Seperti halnya jenis lari lainnya, cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan dari latihan lari zigzag seperti berikut ini:

Meningkatkan performa fisik

Lari zigzag juga merupakan bagian dari pelatihan fungsional berintensitas tinggi (HIFT). Latihan ini membantu tubuh menggunakan oksigen lebih baik, meningkatkan daya tahan, kekuatan dan tenaga selama latihan.

Latih otot Anda

Lari zigzag juga dapat membangun kekuatan otot dan daya tahan kardiovaskular sehingga Anda dapat terus bergerak sesuai pola rintangan yang telah Anda tetapkan. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan bentuk otot yang lebih baik karena jalan zigzag juga mengurangi jumlah lemak tubuh.

Baik untuk Tulang

Latihan lari zigzag secara teratur membantu meningkatkan kadar mineral tulang. Ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja atletik, termasuk kelincahan, kecepatan, kekuatan dan kekuatan selama latihan. Itulah manfaat dan cara melakukan lari zigzag. Pastikan Anda dalam keadaan sehat selama latihan ini. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli jika Anda baru mengenal olahraga ini, atau baru memulai setelah cedera, sakit, atau hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *