Kecemasan Yang Berlebih Menandakan Kalian Sudah Mulai Melewati Kapasitas Kalian

Kecemasan Yang Berlebih Menandakan Kalian Sudah Mulai Melewati Kapasitas Kalian

Pernahkah kalian merasa cemas? Tentunya pernah. Dan penyebabnya bisa beragam. Dan setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengatasi rasa cemas mereka. Semua orang pun memiliki durasi dalam mengalami kecemasan yang beragam. Ada yang hanya sebentar. Ada juga yang sampai berhari-hari. Dan itu sangat berpengaruh untuk menjadikan sebagai patokan bahwa kapan kalian sudah mulai merasa cemas yang berlebih. Kapan cemas yang kalian rasakan sudah mulai tidak normal.

Kecemasan Yang Berlebih Menandakan Kalian Sudah Mulai Melewati Kapasitas Kalian

Cemas itu adalah perasaan yang wajar untuk dirasakan setiap orang. Untuk dialami semua orang. Baik anak kecil sekalipun. Jadi kalau kita merasa cemas, panik, khawatir. Itu adalah normal dan wajar. Malah akan tidak normal jika kita tidak merasa apapun. Tapi jika kecemasan dan kekhawatiran itu rasanya sudah mulai mendominasi di pikiran dan di segala kegiatanmu. Maka itu adalah tanda-tanda, bahwa itu sudah mulai melewati batas. Itu sudah mulai berlebihan. Dan itu berarti kalian membutuhkan bantuan. 

Saat kalian mulai merasa segala perasaan cemas yang kalian rasakan, segala kekhawatiran yang kalian alami itu adalah berlebihan. Mulai tidak wajar. Dan sampai menghambat kegiatan kalian sehari-hari. Bisa jadi kalian mulai melewati kapasitas kalian. Dan hal yang paling dianjurkan untuk dilakukan adalah, meminta bantuan. Ceritakan dahulu pada orang terdekatmu, bisa itu dari keluargamu, atau sahabatmu, atau pasanganmu. Jika kalian merasa belum lega, belum cukup terbantu. Barulah kalian ke ahli nya. 

Kalian bisa konsultasikan pikiran kalian apa yang kalian rasakan pada dokter ahli kejiwaan, psikiater, psikolog. Sehingga kalian akan merasakan aman dan nyaman. Karena langsung ditangani oleh ahlinya. Dan kalian bisa merasa lebih tenang dan kalian bisa mengendalikan diri kalian, dan bisa mengatur kapasitas kalian lagi dengan baik. Dan itu yang akan dilakukan orang pada umumnya. Jadi jangan malu untuk berobat, untuk berkonsultasi. Itu adalah hal yang wajar dan normal. Malah bisa dibilang kalian cerdas karena bisa memilih pilihan yang tepat.