Janganlah Kalian Mengasihani Orang Yang Apa-Apa Harus Sendiri

Janganlah Kalian Mengasihani Orang Yang Apa-Apa Harus Sendiri

Jika kita perhatikan, sering sekali orang-orang mengatakan, bahwa kasihan pada orang-orang yang kalau mengerjakan apapun itu sendiri. Kasihan pada orang yang hidup tinggal sendiri. Mengurus semua serba sendiri. Tidak ada yang membantu, tidak ada pasangan dan lain sebagainya. Sehingga mengundang simpati dan empati dari orang-orang sekitar. Sehingga saat orang melihat, merasa kasihan dan iba, karena dia melakukan segala sesuatu sendiri. Hanya bergantung dan mengandalkan dirinya sendiri saja. 

Janganlah Kalian Mengasihani Orang Yang Apa-Apa Harus Sendiri

Sering sekali terjadi seperti itu. Tapi sebenarnya, kita tidak perlu berpikir begitu. Memang sekilas mata melihat terlihat kasihan orang yang melakukan apapun dalam hidupnya sendiri. Padahal kita sebagai makhluk hidup perlu untuk tinggal berdampingan dengan orang. Kita adalah makhluk sosial, yang perlu juga bantuan tangan orang lain. Butuh untuk tinggal berdampingan dengan orang lain. Sehingga kita perlu untuk bekerja sama, dan melakukan beberapa hal dengan orang lain. Saling mengandalkan satu sama lain. 

Tidak hanya melakukan segala aktivitas sendiri. Karena ada beberapa aktivitas yang rasanya kita perlu melakukan dengan bantuan orang lain. Ada beberapa hal dan pekerjaan yang kita perlu melakukan secara tim. Kita membutuhkan bantuan tangan orang lain juga untuk bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dan kegiatan. Butuh orang lain di dalam hidup kita untuk membuat segala sesuatu semakin cepat selesai dan semakin mudah. Tapi bukan berarti kita juga tidak bisa melakukan dengan sendiri. 

Semua itu kembali lagi pada pribadi kita masing-masing. Mau mengerjakannya sendiri atau dengan bantuan orang lain. Dan kita juga harus memperluas pandangan kita. Dan ubah pola pikir kita. Jangan kita berpikir dan mengasihani orang yang apa-apa melakukannya sendiri. Mereka tidak perlu belas kasihan. Kalau kalian kasihan, ya bantu, jangan hanya memberi empati lewat perasaan. Yang harus kita kasihan sebenarnya orang-orang yang melakukan segala sesuatu tidak bisa sendiri. Terlalu bergantung pada orang lain. Sehingga membuat mereka tidak bisa sendiri. Tidak bisa mengandalkan diri sendiri.