Hand Sanitizer Kadaluarsa Ampuh Untuk Basmi Covid ?


Di tengah meningkatnya permintaan hand sanitizer, sebaiknya Anda lebih berhati-hati sebelum membelinya. Periksa tanggal kedaluwarsa sebelum digunakan. Pasalnya, hand sanitizer yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa dianggap tidak lagi efektif membunuh virus di tangan, dan juga Covid-19.

Bisakah pembersih tangan kedaluwarsa membunuh virus corona?

Biasanya penggunaan hand sanitizer bisa 2-3 tahun. Setelah itu, efektivitas membunuh kuman dan virus berkurang.

Tanggal kedaluwarsa menunjukkan bahwa bahan aktif dalam pembersih tangan, seperti alkohol, tidak stabil dan efektif. Oleh karena itu jangan pakai lagi.

Apalagi di tengah keadaan darurat virus corona, saat banyak orang berlomba-lomba mendapatkan hand sanitizer. Jika Anda khawatir, Anda bisa melupakan hal-hal penting lainnya, seperti tanggal kedaluwarsa pembersih tangan Anda.

Diakui, menggunakan hand sanitizer kadaluarsa yang dioleskan ke kulit tangan tidak berbahaya. Namun, perlu diingat bahwa bahan aktif yang dikandungnya, seperti alkohol, tidak lagi seefektif dulu, jika tidak cukup.

Kesimpulannya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan hand sanitizer yang kadaluarsa untuk membunuh virus corona yang mungkin bersandar di tangan Anda. Beli pembersih tangan baru yang mengandung alkohol.

Mengapa pembersih tangan kedaluwarsa?

Pembersih tangan mengandung alkohol, yang menguap saat terkena udara. Walaupun hand sanitiser berada dalam botol yang tertutup rapat, namun botol tersebut tetap tidak kedap udara. Ini memungkinkan udara masuk, memungkinkan alkohol menguap.
Seiring waktu, alkohol dalam pembersih tangan akan terus menguap, mengurangi efektivitasnya.

Saat itulah hand sanitizer disebut kadaluarsa dan dianggap tidak efektif membunuh virus corona yang mungkin ada di tangan Anda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus mengkampanyekan penggunaan hand sanitizer dan cuci tangan selama pandemi virus corona. Karena tangan adalah salah satu tempat favorit virus corona untuk mendarat. Oleh karena itu, virus ini bisa masuk melalui hidung, mulut atau mata saat tangan menyentuh wajah.

Salah satunya adalah hand sanitizer, senjata yang wajib dibawa kemana-mana untuk mencegah virus corona.

Ingatlah untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa pembersih tangan Anda sebelum menggunakannya. Karena jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa, bahan aktif yang dikandungnya tidak lagi efektif membunuh virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *