Berbagai Penutup Telinga Yang Aman Digunakan Tidur


Tidak hanya menggunakan penyumbat telinga di lingkungan yang bising, ada juga orang yang membutuhkan penyumbat telinga untuk tidur. Terutama bagi orang-orang yang sensitif terhadap suara sekecil apapun yang mengganggu tidur nyenyaknya. Namun, ada perdebatan apakah aman menggunakan penyumbat telinga. Selama itu digunakan dan digunakan dengan benar, tidak ada masalah untuk mencobanya.

Manfaat penutup telinga untuk tidur

Secara signifikan, menggunakan penyumbat telinga untuk tidur dapat meningkatkan kapasitas tidur seseorang. Bagi banyak orang, penyumbat telinga adalah satu-satunya cara untuk memblokir kebisingan luar saat mereka tidur.

Tentu tidak semua orang membutuhkannya. Orang yang membutuhkan penyumbat telinga dapat tinggal di dekat jalan utama dengan kebisingan lalu lintas yang konstan atau tidur dengan pasangan yang mendengkur.

Penyumbat telinga penting karena seseorang lebih mungkin terbangun oleh kebisingan di tengah fase tidur nyenyak. Meski hanya butuh beberapa detik karena kebisingan, tubuh membutuhkan waktu untuk kembali ke fase tidur nyenyak.

Jenis penutup telinga untuk tidur

Secara umum penutup telinga terbagi menjadi dua yaitu dengan ventilasi dan tidak. Fungsi lubang kecil ini adalah untuk seimbangkan tekanan di telinga. Selain untuk menyelam dan terbang, penyumbat telinga dengan ventilasi juga bisa digunakan saat tidur. Penutup telinga ini meliputi:

Lilin

Penutup telinga lilin mudah dibentuk sesuai dari bentuk telinga orang. Ini bisa jadi pilihan tepat agar saat tidur dan berenang karena tahan air.

Silikon

Penutup telinga silikon keras dapat digunakan berkali-kali, tetapi sering kali menyebabkan ketidaknyamanan. Terutama bagi orang yang tidur miring. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih penyumbat telinga yang terbuat dari bahan silikon lembut.

Busa

Pilihan yang paling terjangkau adalah penyumbat telinga busa. Karena bentuknya yang lembut, bisa juga digunakan untuk tidur menyamping. Namun, bentuk berongga menawarkan ruang untuk pertumbuhan bakteri. Jadi Anda harus menggantinya secara berkala.

Ada juga dokter yang bisa custom membuat penutup telinga sesuai dengan telinga pasien. Caranya adalah dengan membentuk bentuk telinga kemudian membuat penyumbat telinga dengan ukuran dan bentuk yang benar.
Harganya tentu lebih mahal. Anda juga harus membersihkannya secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *