Beginilah Cara Untuk Menjaga Tubuh Anak Tetap Ideal


Tak hanya porsi makanan, kelengkapan menu harian juga penting. Diet dan mengikuti rencana makan juga berperan. Anak berisiko tidak tumbuh sebagaimana mestinya, jika makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi. Malnutrisi pada bayi bukan hanya kekurangan porsi. Porsi mungkin cukup, tetapi kurangnya variasi dalam menu menghambat perkembangan anak.

Sesuai dengan usia anak

Pemberian makan anak tergantung pada kecukupan porsi dan kelengkapan zat gizi (nutrisi) sesuai usianya. Semakin kecil anak, semakin kecil porsi makannya. Porsi yang cukup mencegah anak dari kelebihan berat badan. Namun, nutrisi lengkap tetap harus terpenuhi.

Di usia satu tahun, anak sudah bisa diberikan menu yang biasa disajikan keluarga seperti susu. Porsi makanan yang memenuhi kebutuhan energi (energi) sesuai kebutuhan tubuh tercermin dari berat badan. Jika berat badan anak melebihi batas ideal, berarti asupan porsi makan melebihi kebutuhan.

Sebaliknya, jika berat badan lebih rendah dari ideal, anak tidak cukup makan. Berat badan ideal saja tidak mencerminkan status gizi anak. Kelengkapan menu harian juga menjadi ukuran. Tubuh membutuhkan lebih dari 40 macam nutrisi. Beberapa penting atau wajib pada menu. Kekurangan salah satu jenis zat gizi saja akan menyebabkan gizi buruk dalam waktu yang lama. Contohnya adalah anak dengan anemia zat besi atau kekurangan zat besi.

Jadwal makan teratur

Selain mengenalkan berbagai jenis menu kepada anak sejak dini, kebiasaan makan yang terencana harus dibentuk dari rumah. Lambung dan usus menghasilkan cukup cairan lambung dan enzim dan bekerja dengan baik selama makan.

Keterbatasan lambung untuk menerima makanan dan keterbatasan darah untuk menyimpan zat gizi, serta kebutuhan tubuh yang terus menerus akan zat gizi, membuat tubuh manusia membutuhkan tiga kali makan. Contoh makan 3 porsi sekaligus saat sahur agar tidak lapar siang malam.

Juga pola makan berupa makan berlebihan di malam hari untuk menggantikan sarapan pagi adalah anggapan yang salah. Jika triple diet disiapkan dengan porsi cukup dan menu lengkap memenuhi semua kebutuhan tubuh, Anda tidak perlu khawatir kelebihan berat badan atau malnutrisi. Itu benar-benar membuat Anda sehat.

Seringkali kesalahan dilakukan karena Anda sudah kelebihan berat badan dan kemudian mengorbankan diet Anda dengan mengurangi sarapan atau makan lebih sedikit.

Merencanakan tiga kali makan adalah untuk memastikan bahwa nutrisi dalam darah selalu memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari. Sementara perut menunggu makanan setiap 6-7 jam. Kebutuhan tubuh akan kalori (energi) dari makanan harus dibagi tiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *